Friday, July 18, 2008

Bahasa Indonesia itu Penting Loh !

Bahasa merupakan anugerah Tuhan kepada seluruh umat manusia dan merupakan wujud keagungan-Nya, bayangkan begitu banyaknya bahasa yang dimiliki oleh penduduk dunia ini, setiap daerah/negara memiliki bahasa yang beragam dan berbeda, bahkan dalam satu negara saja memiliki beragam bahasa yang berbeda, misalnya saja Negara Kita yang tercinta ini memilki beraneka ragam dan macam Bahasa, misalnya saja bahasa sunda, batak, minang, ambon, jawa, dll. Bahkan keindahan bahasa terasa lengkap sudah dengan lagam/irama/intonasi yang berbeda.

Bahasa tak ayal mengambil peranan yang sangat penting bagi kelangsungan dan kelancaran hidup seluruh umat manusia di muka bumi ini, terutama dalam kegiatan untuk berinteraksi atau berhubungan secara sosial sebagaimana fitrahnya manusia diciptakan sebagai makhluk pribadi dan sosial. Dapat dibayangkan bagaimana jika manusia didunia ini tidak memiliki bahasa untuk mengutarakan maksud tertentu. Mungkin keindahan yang kita peroleh saat ini takkan terjadi, karena lewat bahasa lah mulut ini mengambil peranannya sebagai fitrah untuk berbicara.

Sedikit kembali melihat kebelakang, membuka kembali lembaran-lembaran sejarah yang telah terbungkus dalam sebuah tulisan, museum, replika perjuangan, dan bentuk-bentuk penggambaran perjuangan. Tepatnya pada masa penjajahan dimana para tirani menjajah dengan semangat kesombongan dan kecongkakannya seolah menganggap dirinya Raja Diktator penguasa dunia. Pada masa itu tepatnya pada masa penjajahan yang berabad-abad dirasakan oleh Bangsa Indonesia, penderitaan, kemiskinan, kebodohan, serba kekurangan adalah teman yang mengikuti keseharian seluruh masyarakat indonesia saat itu.

Segala bentuk perlawan telah berusaha digencarkan oleh putera dan puteri Tanah Air saat itu tapi Tuhan belum berkehendak untuk memberikan kemenangan kepada Bangsa ini, perjuangan-perjuangan akhirnya pun selalu kandas ditangan tirani-tirani. Dibalik kekalahan-kekalahan yang dialami saat itu terdapat para pemuda Indonesia yang merasa bahwa butuh sesuatu untuk menyatukan kekuatan seluruh penjuru negeri nan Elok ini, karena salah satu hal yang melatarbelakangi kekalahan demi kekalahan yang dialami Bangsa Indonesia adalah karena sifat perjuangan yang masih kedaerahan, dimana setiap daerah hanya berjuang dengan tenaga seadanya dan perjuangan hanya bersifat lokal sehingga mudah dikalahkan oleh Penjajah, padahal bayangkan jika seluruh masyarakat indonesia dari pelosok manapun bersatu melakukan perjuangan dan pemberontakan secara Nasional (menyeluruh) mungkin Penjajah akan keteteran walaupun dengan persenjataan yang jauh memadai dibanding Bangsa Indonesia. Lalu dirasa bahwa perbedaan yang paling mencolok dan beragam adalah dari segi Bahasa, karena saat itu belum ada Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia seperti sekarang ini, masyarakat indonesia hanya mengenal bahasa daerahnya masing-masing, mungkin sebuah anologi berikut ini dapat menjadi sebuah landasan mengapa pentingnya suatu bahasa pemersatu, misalnya seorang Minang dengan seorang Sunda, terjadilah percakapan seperti berikut, pada saat itu terjadi banjir dimana air sungai meluap dan ternyata si Minang dan si Sunda berada pada rumah yang sama, Si Sunda Bertanya kepada Si Minang , "nang .... Cai geus sakumaha....(airnya..sudah segimana)", kebetulan saat itu si SUnda berada dalam lantai dua Rumah itu, Si Minang yang berada di lantai bawah tak mengerti apa yang dikatan oleh Si sunda, lalu ia coba menerka saja mungkin yang ditanyakan si Sunda tentang air , lalu si minang dengan santai menjawab "nda, aiye nyo..masih sakete'...(airnya...masih sedikit)", spontan si Sunda kaget karena yang dia tahu dari perkataan si Minang hanya kata "Saketek" (dalam bahasa sunda seketiak), kaget bahwa air masuk rumah sudah seketiak padahal air yang masuk rumah baru sedikit, itulah sedikit gambaran bagaimana perlunya sebuah bahasa pemersatu.

Akhirnya dirundingkanlah untuk menyatukan seluruh masyarakat indonesia dalam satu bahasa, sehingga dapat di peroleh satu keinginan, satu perjuangan.

diputuskankanlah setelah melalui beberapa proses Bahwa Bahasa Pemersatu itu adalah Bahasa Indonesia dengan tujuan agar tidak ada kecemburuan antar daerah jika nama daerah dijadikan Bahasa Nasional (pemersatu). Semenjak itulah perjuangan indonesia mulai bersifat Nasional (menyeluruh) tidak lagi bersifat kedaerahan karena masyarakat telah disatukan oleh Sebuah Bahasa yang sama, yang mencerminkan, satu rasa, satu jiwa, satu keturunan, satu tujuan yaitu kemerdekaan ,kesejahteraan, lepas dari belenggu kebohodohan. Tak ayal Bahasa Indonesia memiliki andil yang besar dalam perjuangan dan pergerakan menuju sebuah peraihan kemerdekaan. Sehingga betapa pentingnya Bahasa Indonesia yang kita milki ini, karena sejarah mencatat bahwa Bahasa Inilah salah kunci kemenangan Bangsa ini.

Tak ada salahnya kita sebagai generasi kemerdekaan menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia yang memilki Filosopi yang indah, mencintai bahasa ini, bahasa yang telah menyatukan darah para pejuang yang selama ini bercucuran, yang mengikat Bangsa ini dalam satu istana kebersamaan. Janganlah kita merasa malu dengan bahasa ini, tapi banggalah dengan Bahasa Indonesia, dengan inilah, kita saat ini merasakan harumnya kebebasan dari belunggu tirani penjajahan.

No comments: